bahan linen
Blogging

Bahan Linen, Kain Premium yang Digemari untuk Fesyen Sehari-hari

Salah hal yang dipertimbangkan setiap orang ketika memilih sebuah baju ataupun pakaian yang melekat di tubuh adalah bahannya. Bahan yang baik tidak harus selalu tebal, tetapi juga halus dan nyaman dipakai. Terlebih lagi, jika bahan itu memiliki corak ataupun warna yang baik, tentunya itu akan menjadi nilai tambah berdasarkan estetikanya.

Nah, berbicara mengenai bahan yang baik dan patut menjadi pilihan sebagai sebuah pelengkap pakaian atau bahan pakaian itu sendiri, kamu pasti pernah mendengar bahan linen, bukan? Apa sih itu bahan linen? Seperti apa pula jenis-jenisnya? Artikel ini akan membahas mengenai bahan linen dan jenisnya secara lebih jauh.

bahan linen

Bahan Linen, Kain Premium yang Digemari untuk Fesyen Sehari-hari

Bahan linen merupakan salah satu jenis kain katun yang memiliki ciri serat yang besar dan terlihat dengan jelas. Serat bahan linen yang besar tersebut dipercaya memiliki ketahanan yang lebih baik dibandingkan jenis kain katun pada umumnya. Dengan kata lain, bahan linen adalah jenis katun yang memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan kain katun lainnya. Kain katun sendiri merupakan salah satu kain premium. Dengan demikian, bahan linen merupakan kain premium yang unggul dibanding kain premium lainnya.

Kain katun linen yang beredar di pasaran memang cukup banyak. Namun, perlu dicermati bahwa yang disebut kain linen itu adalah kain katun berserat linen, sedangkan yang di pasaran biasanya adalah kain linen yang sudah dicampur dengan kain katun berserat kapas.

Memang, pada dasarnya, keduanya mempunyai kualitas yang cukup baik. Akan tetapi, serat linen murni dikatakan memiliki ketahanan yang lebih kuat daripada serat linen yang telah dicampur. Untuk lebih jauh mengenali kain linen, berikut dipaparkan beberapa jenis kain linen yang populer.

Baca Juga :  Rekomendasi Sepatu Santai Wanita yang Modis

Linen Euro atau Linen Viscouse

Kain linen satu ini merupakan kain linen yang paling tebal dan kaku. Serat benang kain ini paling besar dan longgar. Karena serat benangnya agak longgar, kain ini tampak agak menerawang. Namun demikian, kualitas kain linen satu ini tetap baik. Bahan linen ini adem dan lembut. Tentunya sangat nyaman ketika digunakan. Selain dijadikan pakaian, kain linen satu ini juga biasa dijadikan gorden, sebab seratnya yang kuat dan besar.

Linen Look

bahan linen

Linen look merupakan salah satu bahan linen yang paling baik. Bahan linen look sangat berkualitas. Ketahanannya tidak kalah dengan linen euro, tetapi serat linen look lebih tipis dan tersusun atas serat halus dan lembut. Kain linen ini memiliki tekstur yang lembut, licin, empuk, dan halus. Untuk dijadikan bahan pakaian, kain linen ini lebih baik dibandingkan lain linen euro. Oleh karena itu, tidak jarang kain linen look sering digunakan untuk bahan kemeja, koko, jilbab, ataupun gamis. Selain halus dan lembut, kain linen ini juga terlihat sedikit mengkilap.

Linen Slub

Bahan linen satu ini berkebalikan dengan linen euro karena seratnya yang rapat dengan tekstur saling silang pada permukaan kainnya. Bahan kainnya pun cenderung tipis. Kain linen ini teksturnya cenderung kasar dan tidak adem dipakai. Karena bahannya yang demikian, kain ini lebih sering digunakan sebagai pelengkap pakaian saja atau bahkan jilbab.

Linen Kenzo

Karakter linen kenzo dapat dikatakan mirip dengan linen slub. Akan tetapi, tekstur kain ini lebih licin. Kain linen satu ini biasanya dipakai untuk bahan blazer ataupun jilbab. Kain ini tidak selicin linen look tetapi juga tidak sekasar linen slub.

Baca Juga :  Parfum Wangi Tahan Lama Harga Terjangkau Bisa Kamu Dapatkan di Sini!

Linen 3G

Kain linen 3G merupakan kain linen yang teksturnya menyerupai serat kayu, dengan penampilan modern dan cutting edge. Karakteristik kain ini tidak terlalu halu, tetapi ringan dan jatuh jika dipakai. Ciri khas teksturnya lurus, rapat, dan sejajar. Kain linen satu ini cocok untuk bahan koko dan gamis.

Itulah penjelasan singkat mengenai bahan linen dan jenisnya. Tentunya, kamu tidak bisa menentukan satu jenis linen lebih baik dari lainnya. Semua karakternya cocok untuk bahan pakaian tertentu. Karena itu, kamu harus pintar memilih sesuai kebutuhan.